Khasiat Buah Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah tropis yang banyak dijumpai di Indonesia. Ada beberapa jenis buah jambu biji seperti jambu biji merah, jambu biji kristal dll. Rasanya enak dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Daunnya pun bisa bermanfaat untuk pengobatan diare. Berikut penjelasannya


KESEHATAN

1. menjaga jantung

Buah jambu biji memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan vitamin yang mampu melindungi jantung dari kerusakan
Jambu biji juga dapat menjadi pengikat kolesterol karena mengandung banyak serat dan larut air. Selain itu juga dapat mengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol darah.

2. diet


Bagi kalian yang ingin diet, mengonsumsi buah jambu biiji adalah salah satu jalannya. Jambu biji mengenyangkan perut dengan cepat dan menjaga rasa lapar dalam tubuh

3. mencegah kanker


Vitamin C yang tinggi dan flavonoid dalam jambu dapat menghambat produksi nitrosamins, substansi yang memicu terjadinya kanker.selain itu juga membantu menghalangi sel kanker, seperti kanker paru-paru, payudara, dan kanker usus besar.

4. meningkatkan kekebalan tubuh


Kandungan vitamin C yang tinggi mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari paparan infeksi. Vitamin pada jambu biji 4x lebih banyak daripada vitamin pada buah jeruk. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, buah jambu biji juga bisa membantu penyembuhan sariawan, pilek, dan juga batuk.

5. antiseptik


Jambu biji mengandung zat antibakteri yang menyebabkan infeksi yang dapat menyerang usus seperti bakteri Staphyloccocus. Selain itu, serat dalam buah jambu juga membantu membersihkan usus dan menghindari gangguan saluran pencernaan seperti sembelit/diare


KECANTIKAN

1. kulit bersinar

Jambu biji banyak diolah menjadi lotion untuk mengatasi kulit kering dan berminyak. Dengan meminum jus jambu biji setiap hari maka akan membuat kulit semakin cerah.

2. mengatasi jerawat dan komedo


Masker dari jambu biji sudah tak asing lagi dikalangan masyarakat. Cara membuat maskernya juga mudah, hanya dengan menumbuk daun jambu biji yang masih muda dan dioleskan pada bagian yang berjerawat atau berkomedo.

3. mengencangkan kulit


Kandungan astringen pada jambu biji akan membantu mengencangkan kulit. Jambu biji juga kaya akan vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan.

4. melangsingkan tubuh


Jambu biji merupakan buah yang rendah lemak dan kalori sehingga cocok dimakan untuk porsi diet. Biasanya dikonsumsi saat siang dan sore hari.

5. detok


Jambu biji mengandung vitamin A, B dan C serta kalium yang dapat mendetok tubuh serta anti penuaan.

No comments